biaya balik nama mobil bekas

Langkah-langkah Mengurus Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Di era yang semakin canggih ini, mobil tidak lagi tampil sebagai barang mewah saja. Dengan melejitnya  kebutuhan, mobil pun menjadi salah satu akses yang sarat digunakan dan wajib dimiliki terutama bagi mereka yang memiliki keluarga dengan jumlah cukup banyak. Hal ini tentulah karena mobil adalah alat transportasi yang nyaman.

Kebutuhan makin melejit, begitu juga dengan harga-harga yang semakin naik. Tidak terkecuali dengan harga mobil. Tapi, tidak perlu khawatir. Walalupun tidak dapat membeli mobil jenis baru yang relative mahal, kini mobil bekas juga banyak diminati oleh konsumen. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau sehingga menggiurkan untuk membelinya.

Hanya saja, setelah membeli mobil bekas, jangan sampai lupa untuk melakukan balik nama mobil setelah pembelian. Hal ini tentu bertujuan tidak lain agar nantinya kita tidak perlu repot-repot lagi meminjam KTP pemilik sebelumnya, saat ingin memperpanjang STNK dan BPKB. Dalam hal ini, anda akan mengurus syarat balik nama mobil. Lalu, bagaimana cara agar kita dapat melakukan balik nama mobil? Apa saja syarat yang diperlukan? Dan berapa kira-kira biaya balik nama mobil bekas yang harus kita keluarkan dalam melakukan balik nama mobil? Mari simak ulasan di bawah ini:

  1. Apabila anda ingin melakukan balik nama mobil dengan wilayah yang berbeda dari pembelian, maka anda wajib melakukan cabut berkas terlebih dahulu. Misalnya, jika ingin melakukan balik nama dari Cirebon ke Jakarta, maka anda harus melakukan cabut berkas di samsat Cirebon dulu, baru setelah itu mengurus balik nama ke samsat Jakarta.
  2. Jika sudah melakkukan syarat yang pertama tadi, maka selanjutnya anda diminta untuk datang ke samsat sesuai dengan KTP anda. Anda pun harus menmpersiapkan berbagai berkas yang akan diperlukan nantinya, seperti KTP pemilik lama asli dan fotokopi, KTP anda asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, hingga kwitansi pembelian mobil yang sudah ditandatangani di atas materai. Jadi jangan lupa untuk membawanya, ya.
  3. Oh iya, dalam rangkaian biaya balik nama mobil bekas, mobil yang sudah anda beli juga harus dibawa ya untuk didaftarkan tes fisik kendaraan di samsat. Setelah tes selesai, anda pun diberi lembaran hasil tes fisik berisi nomor rangka dan nomor mesin mobil. Dan ini dikenakan biaya tes fisik mobil sebesar Rp 30 ribu.
  4. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah menyerahkan semua dokumen yang telah anda siapkan sebelumnya ke loket pendaftaran balik nama. Nah, disini anda akan dikenakan lagi biaya sebesar Rp 30 ribu untuk melakukan pendaftaran.
  5. Usai semua tahap tadi dilakukan, anda tingal menunggu selama beberapa hari sampai hari yang ditentukan oleh pihak balik nama mobil. Dan ketika hari yang ditentukan itu, anda pun harus datang lagi ke kantor samsat. Dan, jangan lupa untuk membawa biaya balik nama STNK seperti yang disebutkan. Anda pun akan menerima STNK baru loh tentunya dengan nama anda.
  6. STNK selesai, sekarang tinggal mengurus BPKB nya. Kali ini, anda harus datang ke Polda setempat ya. Jangan lupa untuk mempersiapkan fotokopi KTP, fotokopi STNK yang sudah dibalik nama, fotokopi hasil pengesahan tes fisik, fotokopi kwitansi pembelian mobil, serta BPKB asli dan fotokpi.
  7. Disini anda juga harus membayar biaya sebesar Rp 100 ribu di loket bank BRI. Dan setelah itu, anda diminta untuk menunggu lagi sampai hari yang ditentukan.
  8. Dan setelah itu, barulah anda kembali lagi ke Polda untuk mengambil BPKB anda yang sudah berisikan nama baru.
Baca Juga :  Informasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor Terlengkap

 

 

Posts created 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.