aki motor yang bagus

Berbagai Merk Aki Motor Yang Bagus Dan Cara Memilihnya

Keberadaan aki motor tidak dapat disepelekan. Karena fungsinya sebagai penyimlan energi listrik sangat penting bagi motor. Terutama motor matic. Di pasaran, aki motor dijual dalam dua bentuk. Yaitu aki basah dan aki kering. Kenapa dinamakan aki basah? Karena menggunakan cairan elektroda. Karena itu harus rutin diisi ulang agar terjaga kapasitasnya. Sedangkan aki kering mengunakan elektroda yang berbentuk gel dan tidak perlu diisi ulang

Di pasaran banyak sekali macam dan merk aki yang dijual. Sehingga mungkin akan terasa membingungkan bagi yang baru pertama kali mengenal dunia motor. Tak perlu hawatir. Di bawah ini ada beberapa cara memilih aki motor yang bagus.

  1. Sesuaikan Dengan Keperluan Motor

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah jenis aki yang ada pada motor. Apakah dari awal motor kita menggunakan aki basah atau aki kering. Aki motor yang bagus adalah yang sesuai dengan keperluan motor. Jika dari awal motor kita menggunakan aki basah, maka belilah aki basah. Tapi jika dari awal motor kita menggunakan aki kering, sebaiknya belilah aki kering.

  1. Pilih Merk Yang Terkenal

Nampaknya, pepatah yang mengatakan ada harga ada kualitas memang tidak bohong. Karena, aki motor yang bagus biasanya diproduksi oleh perusahaan aki berkualitas. Mungkin harganya memang agak sedikit lebih mahal. Tapi manfaat dan kualitas yang akan kita dapatkan sesuai dengan harganya. Selain membeli produk aki ternama, pastikan kita juga membeli produk yang asli. Karena itu juga akan betpengaruh pada kualitas aki itu sendiri.

baca juga: Kelebihan Aki Motobatt

  1. Cek Tanggal Produksi Aki

Aki motor yang bagus dengan kualitas prima biasanya berumur kurang dari 6 bulan semenjak tanggal produksinya. Karena, komponen penyusunnya masih prima, kapasitas penyimpanannya masih tinggi, dan kondisinya pun masih kuat. Maka perhatikanlah tanggal produksi dan kedaluarsanya. Jangan membeli aki yang sudah melewati kadar kedaluwarsanya meski itu produk asli dari perusahaan ternama.

  1. Perhatikan Harga Aki
Baca Juga :  Langkah-langkah Mengurus Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Harga aki motor yang bagus juga harus masuk akal. Tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Karena harga yang terlalu tinggi tidak menjamin kualitas aki yang bagus. Dan harga yang terlalu rendah terkadang justru produk palsu. Memang dibutuhkan pengalaman untuk bisa lebih memahami.

  1. Perhaatikan Ukuran Tegangan

Aki motor yang bagus mempunyai tegangan antara 12,6V hingga 12,8V. Terlalu rendah tidak bagus, terlalu tinggi juga tidak bagus. Sebaiknya cek dulu sebelum memasang pada motor.

  1. Perhatikan Masalah Cairan Elektrolit

Khusus untuk aki basah, perhatikan masalah cairan elektrolit. Aki motor yang bagus adalah yang cairan elektrolitnya cukup. Jika terlau kurang tidak akan mampu menyimpan energi dengan sempurna.

Setelah kita tahu bagaimana cara memilih aki motor, selanjutnya kita akan membahas mengenai merk aki kering motor yang bagus. Ada beberapa merk yang bisa dijadikan pertimbangan. Antara lain :

  1. Yuasa

aki motor yang bagus

Adalah salah satu merk aki kering yang bagus dan tahan lama. Harganya juga tidak terlalu mahal. Dijual dengan harga Rp 140.000 untuk motor matic dan sekitar Rp 215.000 untuk motor besar seperti tiger.

  1. GS Astra

Di Indonesia, merk aki GS Astra ini sudah cukup terkenal. Karena sudah terbukti cocok digunakan untuk berbagai jenis motor. Untuk masalah harga jangan hawatir. Motor matic dan bebek hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 114.000 hingga Rp 161.000. Sedangkan untuk motor besar sekitar Rp 150.000 hingga Rp 215.000.

Posts created 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.